• dinkes.selayarkab@gmail.com

  • 0414-2313041

  • Jl. KH. Kadir Kasim No. 09 Parappa, Sulawesi Selatan

Kasus Covid – 19 di Selayar Melandai Hingga ke Level II

Kasus Covid – 19 di Selayar Melandai Hingga ke Level II

  • 08 September 2021
  • 517

Kabupaten Kepulauan Selayar saat ini merupakan satu-satunya daerah yang dinyatakan zona kuning di Provinsi Sulawesi Selatan setelah sebelumnya ditetapkan sebagai zona merah dan menerapkan PPKM level 3 perlahan melandai hingga saat ini.

dr. Husaini selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi melalui WhatsApp pribadinya, Rabu (8/9/2021)

“Belum ada hasil, minggu kemarin Selayar satu-satunya (Zona Kuning). Dan untuk minggu ini kita menurun dari level 3 ke PPKM level 2,” Ungkapnya,

Hal tersebut sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri No. 41 Tahun 2021 tentang PPKM level 3, level 2, level 1 serta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 ditingkat Desa/Kelurahan untuk pengendalian Covid-19.

“Tidak ada penambahan dari kemarin bisa dilihat di halaman terakhir data surveilans sebaran Covid-19 Kabupaten Kepulauan Selayar per tanggal 6 September 2021,” Imbuhnya.

Berdasarkan data surveilans sebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Selayar tersebut, tercatat 768 orang kontak erat dengan kasus konfirmasi yang secara keseluruhan dengan hasil negatif discarded, 248 orang suspek atau mengalami gejala infeksi Covid-19 dengan 241 diantaranya negatif pemeriksaan dan 7 orang dinyatakan meninggal dunia.

Untuk kategori probable atau suspek berat tanpa pemeriksaan tercatat 1 orang dan untuk total kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.152 orang dengan 16 orang dirawat, sembuh 1.091 dan 45 orang meninggal.

“Itu tersebar. 15 isolasi mandiri dan 1 dirawat di PKM Bontoharu,” Tambahnya.

dr. Husaini yang juga merupakan Tim Ahli Satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Selayar ini berharap agar penanganan Covid di Selayar bisa dimaksimalkan khususnya dalam menyukseskan program vaksinasi untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Kita sekarang sudah berada pada pembatasan level 2. Harapan kita supaya masyarakat jangan lengah, ikuti protokol kesehatan sesuai yang diinstruksikan Mendagri dan Pemda Selayar dan mari kita dukung program vaksinasi Pemerintah dengan datang ke tempat pelayanan vaksinasi bagi masyarakat yang belum di vaksin,” Tandasnya.

Sementara itu ditempat yang berbeda, Saiful Arif selaku Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar juga memberikan komentar terkait peningkatan penanganan Covid-19 di Selayar dengan melandainya jumlah konfirmasi positif dan capaian ke PPKM level 2 tersebut.

Berita Terkait

wow